Tuesday, October 23, 2007

Male or Female

Dominasi pria atau dominasi wanita? Biasanya di kalangan feminis, masalah ini jadi besar karena mereka ingin dianggap sejajar sama laki-laki. Kaum laki-laki pun ada yang berkoar-koar terhadap kalangan feminis, katanya mau kesetaraan tapi tetap aja pake prinsip ladies first dsb.

Samuel Mulia, penulis kolom gaya hidup di Kompas, seorang yang punya segudang orang yang benci dan sakit hati dengan dia, pernah menulis tentang kekuatan wanita dan laki-laki.

Dia bilang wanita sering dianggap kaum lemah karena mereka menangis dengan mudah. Laki-laki dianggap kuat dan ditanamkan prinsip bahwa laki-laki dilarang menangis. Menangis itu pekerjaan perempuan, padahal laki-laki itu manusia juga dan “kami” juga punya hak asasi untuk menangis.

Tapi sepanjang pengalaman saya, katanya, walau dibilang wanita kaum lemah koq mental laki-laki itu melempem dibanding mental wanita. Tentunya laki-laki yang marah mentalnya dikatakan melempem jangan marah sama saya. Marahlah sama Pak Samuel hahaha…

Saya mendapat pelajaran dari melihat channel Animal Planet tentang kasus dominasi wanita. Cukup mengerikan juga bahwa ada dominasi wanita, terutama untuk kelas serangga berujung pada tindakan-tindakan ekstrim dan sadis.

Misalnya laba-laba Black Widow dan belalang sembah.

Kalau ada yang ga ngerti tanya, nanti saya terangkan kenapa disebut ekstrim dan sadis.

Dominasi pria kental pada kelas unggas, bangsa singa laut dan kera. Mereka punya harem…

Tapi yang menarik adalah pada bangsa kucing. Saya berikan dua contoh di bawah.

Lioness atau singa betina ternyata adalah pihak yang berkuasa dalam kawanan, walaupun mereka yang melakukan segalanya dari berburu sampai melindungi kawanan.

Seekor lioness akan merayu sang lion di kawanannya supaya dia mau kawin dengannya. Karena lion ini adalah mahluk yang sangat pemalas, lioness adalah pihak yang merayu.

Saat akan melahirkan, lioness akan menyingkir dari kawanannya sejauh beberapa mil dan melahirkan di sana. Setelah sebulan lebih dia akan membawa anak-anaknya kembali ke kawanan. Sesampainya di sana yang menentukan anak-anaknya akan diterima adalah lioness yang lain. Lioness adalah pihak yang take charge dalam kawanan ini, dan ternyata masa kekuasaan seorang lion di dalam kawanan hanya 2-3 tahun saja…

Fakta “King of the Jungle” yang mengejutkan bukan, dan singa tidak hidup di hutan, mereka hidup di daerah plains hahaha. Yang hidup di hutan itu cuma bangsa harimau….

Oh ya, kalau ketemu singa, Anda harus berhati-hati pada yang betina karena merekalah yang punya kemungkinan untuk menyerang Anda,

Cheetah, kalau kalian melihat cheetah berjalan dan berburu seorang diri, maka itu adalah cheetah betina. Kalau melihat cheetah berdua atau bertiga, maka sudah pasti itu cheetah jantan. Saat musim kawin, biasanya cheetah jantan akan mengepung cheetah betina. Tapi hanya satu ekor jantan yang dia sukai yang akan diijinkan untuk mengawini dia hahaha…

Penyu punya cara kawin yang ekstrim. Saat kawin, pihak jantan hanya memikirkan satu hal, kawin. Maka sang betinalah yang harus berenang ke permukaan laut untuk mengambil udara agar mereka berdua tidak mati kehabisan udara. Parah? Oh mereka hanya butuh waktu sekian jam untuk menyelesaikan aktivitas kawin ini. Setelah selesai, si betina kadang harus menghadapi apa yang disebut “jantan perompak”. Mereka akan menunggu si betina selesai kawin untuk dikawini sekali lagi…si betina pun harus berenang lagi hahaha…

Mungkin sebaiknya seimbang saja ya…perlu diingat, memang kodratnya wanita untuk punya anak. Tapi bukan berarti mereka hanya alat laki-laki untuk dapat pewaris, bukan juga kodrat wanita untuk mengerjakan semua pekerjaan rumah tangga. Suami-suami, bantulah para wanita apalagi kalau wanita-wanita ini juga bekerja.

Karena wanita yang melahirkan bukan berarti semua urusan pendidikan anak diserahkan dan jadi tanggungjawab ibu saja. Kan bikinnya berdua??? Lagian ada yang pernah bilang, kalau laki-laki yang harus melahirkan maka manusia sudah punah dari dunia ini hahaha.

1 comment:

Anonymous said...

cewek punya kelebihan yang cowok tidak punya, and vice versa..

gue tau karena kadang2 gue sirik sama cowok, mereka ga ngalamin PMS.. ;P

hah, lu baru cerita soal penyu, lucu2.. inget seseorang, hahahahahaha..